Berita


Libur Idul Fitri 1443 H / 2022 M

posted Apr 22, 2022, 9:11 PM by Sistem Komputer   [ updated Apr 22, 2022, 9:16 PM ]

Diumumkan kepada Civitas akademika, sesuai Surat Edaran Pengumuman No 062/YKDP/IV/2022 tentang Libur Idul Fitri 1443 H/2022 M. Berdasarkan SKB Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor: 375 Tahun 2022, Nomor: 1 Tahun 2022, Nomor: 1 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022, maka diumumkan kepada Pegawai Yayasan Karya Dharma Pancasila (YKDP) Surakarta beserta mahasiswa, bahwa dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M, Hari Libur dan Cuti Bersama sebagai berikut:

No. Tanggal Hari Keterangan
1. 29, 30 April 2022 Jum’at, Sabtu Libur Cuti Bersama (H-)
2. 2, 3 Mei 2022 Senin, Selasa Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H
3. 4, 5, 6 Mei 2022 Rabu, Kamis, Jum’at Libur Cuti Bersama (H+)

Demikian untuk menjadikan perhatiaan.

Surakarta, 18 April 2022
Ketua,

 

Dr. Anggoro Panji Nugroho, SE, MM

 

File(s)

LIBUR IDUL FITRI 1443H/2022M

Jadwal Ujian Skripsi Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022

posted Feb 15, 2022, 6:19 PM by Sistem Komputer   [ updated Feb 15, 2022, 10:39 PM ]

Mohon perhatian kepada mahasiswa peserta ujian, berdasarkan permohonan pendaftaran ujian skripsi berikut ini informasi Jadwal Ujian Skripsi Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 Program studi (S1) Sistem Komputer.

 No Hari/Tanggal
 Jam  NIM  Nama Mahasiswa
 Nama Penguji
 Tempat
 1  Kamis
17/2/2022
 11.00 WIB
 2177200840  Wangsit Muhammad N. Paryanta, S.Kom, M.Kom
Dessyana Kardha, S.Kom, M.Eng
Dr. Anton Respati P. , S.E, M.M, M.H
R. Sidang
2
 11.00 WIB  2177200830  Airlangga Nova S. Sutariyani, S.Kom, M.Kom
Erni Widarti, S.Kom, M.Kom
Ernes Cahyo Nugroho, S.Si, M.Kom
R. Ringgit Timur
3  Jumat
18/2/2022
 13.00 WIB  2157200816  Daud Pamungkas Hartati Dyah W., S.E, M.M
Widyo Ari Utomo, S.T, M.T
Ernes Cahyo Nugroho, S.Si, M.Kom
R. Ringgit Timur

Aturan bagi mahasiswa:

  1. Mahasiswa peserta ujian skripsi wajib hadir 30 menit sebelum sidang dimulai.
  2. Mahasiswa peserta ujian skripsi mempersiapkan peripheral sistem sebelum sidang dimulai.
  3. Mahasiswa peserta ujian skripsi wajib menggunakan pakaian:
    • Pria memakai jas almamater serta kemeja putih lengan panjang berdasi dan sepatu tertutup.
    • Wanita memakai jas almamater serta kemeja putih lengan panjang dan sepatu tertutup.
  4. Ujian terdiri atas sesi pembuka (5 - 10 menit), sesi presentasi mahasiswa (25 - 30 menit), sesi presentasi demonstrasi sistem (20 menit), sesi tanya jawab dari 2 dosen penguji (masing-masing 25 - 30 menit) dan sesi penutup (15 - 20 menit).

Pengumuman Pelaksanaan Ujian Tengah Semester Genap T.A 2020/2021

posted Mar 24, 2021, 7:42 PM by Sistem Komputer   [ updated Mar 24, 2021, 7:44 PM ]

Diberitahukan kepada segenap mahasiswa sesuai Surat Pengumuman No.63/KU.08.05/III/2021 Tentang Pelaksanaan Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 STMIK AUB Surakarta, bahwa:

  1. Pelaksanaan Ujian Tengah Semester Genap 2020/2021 dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d 16 April 2021.
  2. Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka diinformasikan kepada mahasiswa hal-hal sebagai berikut:
    1. Melunasi adaministrasi keuangan sampai dengan bulan April 2021.
      (Pelunasan dibayar sebelum UTS dimulai).
    2. Besarnya SPP per bulan masing-masing mahasiswa :
      • Angkatan 2014/2015 : Rp 400.000,- per bulan
      • Angkatan 2015/2016 : Rp 425.000,- per bulan
      • Angkatan 2015/2016 (Kelas Khusus): Rp 425.000,- per bulan
      • Angkatan 2016/2017 : Rp 475.000,- per bulan (SI dan SK)
      • Angkatan 2016/2017 : Rp 450.000,- per bulan (TK)
      • Angkatan 2017/2018 : Rp 500.000,- per bulan
      • Angkatan 2017/2018 : Rp 550.000,- per bulan
      • Angkatan 2018/2019 : Rp 500.000,- per bulan (Kelas Pagi)
      • Angkatan 2018/2019 : Rp 550.000,- per bulan (Kelas Sore)
      • Angkatan 2019/2020 : Rp 500.000,- per bulan (Kelas Pagi)
      • Angkatan 2019/2020 : Rp 550.000,- per bulan (Kelas Sore)
      • Angkatan 2020/2021 : Rp 500.000,- per bulan (Kelas Pagi) + DPI
      • Angkatan 2020/2021 : Rp 550.000,- per bulan (Kelas Sore) + DPI
    3. Bukti Kwitansi difoto kemudian dikirim lewat Email keuangan@stmik-aub.ac.id (Diskripsi Nama, NIM, No.HP, Tanggal Bayar, Jumlah Bayar, Guna Bayar dan wajib menggunakan email student, dilayani mulai 22 Maret s.d 5 April 2021).
    4. Pembayaran Kewajiban Keuangan melalui Bank BRI No. Rekening :
      0097-01-000587-30-4 (SPP) dan Bank Jateng No. Rekening
      1 002 01083 2 (DPI).
    5. Tidak melayani Dispensasi Kewajiban Keuangan.
    6. Dilarang melakukan Pembayaran Kewajiban Keuangan melalui Pegawai.

Demikian harap diperhatikan. Terima Kasih.

Surakarta, 22 Maret 2020
Ketua,

 

Dr. Anton Respati P., S.E, M.M,M.H

 

File(s)

PELAKSANAAN UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021 STMIK AUB SURAKARTA

Daftar Pembimbing Skripsi Semester Genap Tahun 2020/2021

posted Mar 3, 2021, 9:19 PM by Ernes Cahyo   [ updated Mar 3, 2021, 9:52 PM ]

Berikut ini adalah Daftar Dosen Pembimbing Skripsi Program Studi Sistem Komputer. Menurut pengajuan judul pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. 
  1. Mohon segenap mahasiswa dapat menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya. 
  2. Pada Form Pengajuan Judul Skripsi mohon dimintakan tandatangan pembimbing skripsi.
  3. Mahasiswa wajib mengisi Form Kesanggupan Menyelesaikan Tugas Akhir, format dapat didownload pada link Download 

NO

NIM

NAMA MAHASISWA

NAMA PEMBIMBING

1

2177200841

Fendi Yulianto

1. Paryanta, S.Kom, M.Kom

2. Dessyana Kardha, S.Kom, M.Eng

2

2177200840

Wangsit Muhammad Nurrohmad

1. Dr. Anton Respati P, M.M, M.H

2. Sutariyani, S.Kom, M.Kom

3

2177200838

Airlangga Nova Setiawan

1. Ernes Cahyo N., S.Si, M.Kom

2. Ratna Herawati, S.Pd, M.Pd

4

2177200843

Fajar Rohimudin

1. Ernes Cahyo N., S.Si, M.Kom

2. Hartati Dyah W., S.E, M.M

5

2177200847

Setiawan Albin Aristo

1. Dessyana Kardha, S.Kom, M.Eng

2. Ernes Cahyo N., S.Si, M.Kom

6

2177200846

Muhammad Hajid

1. Dr. Anton Respati P, M.M, M.H

2. Agung Nugroho, S.Kom, M.M

7

2177200850

Samuel Pratama M.

1. Hartati Dyah W., S.E, M.M

2. Budhi Sumboro, S.Kom, M.M

8

2177200851

Ari Adianto

1. Paryanta, S.Kom, M.Kom

2. Erni Widarti, S.Kom, M.Kom

9

2177200851

Ony Wisnu Wardana

1. Ernes Cahyo N., S.Si, M.Kom

2. Kristono S.Kom, M.Kom

Aturan CD dan Video Karya Akhir

posted Mar 2, 2021, 7:53 PM by Sistem Komputer   [ updated Mar 2, 2021, 7:54 PM ]

Untuk mempermudah mahasiswa tingkat akhir dan keseragaman, maka program studi sistem komputer menerbitkan aturan CD (Compact Disc) dan Video karya akhir mahasiswa. Detail aturan dapat di lihat sebagai berikut:


A.    DIREKTORI CD KARYA AKHIR

Nama CD

:

SKRIPSI_NIM. Contoh: SKRIPSI_2157200823

File

:

Tidak perlu dibuat folder lagi. Seluruh file dari daftar sesuai format berikut ini terdapat pada root.

 

Format File    

:

Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang<spasi>Topik<spasi>Nama Dokumen

 

Template CD

:

Download pada http://eprints.stmik-aub.ac.id/13/

Dokumen

:

terpisah per file                                                               

 

 

1.   log book (jika ada)                                                                             Dokumen: Log Book                               

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Log Book

 

2.   proposal skripsi (dalam doc.file)                                             

Dokumen: Proposal                              

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Proposal

 

3.   laporan skripsi/proyek akhir setelah revisi, 1 file (*.doc/docx dan *.pdf)   

Dokumen: Laporan Skripsi                                

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Laporan Skripsi

4.   laporan skripsi/proyek akhir setelah revisi, beberapa file sesuai                

kebutuhan repository (*.pdf)                                                                      Dokumen: Laporan Repository

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Laporan Repository

5.   jurnal Penelitian (untuk publikasi). Format mengikuti template dari institusi (*.doc/docx dan *.pdf)                                                                            

Dokumen: Jurnal Penelitian                   

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Jurnal Penelitian

6.   slide presentasi skripsi (*.ppt/pptx)                                                                Dokumen: Slide                                         

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Slide

7.   poster                                                                                                Dokumen: Poster                                   

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Poster

8.   video publikasi                                                                                          Dokumen: Video                                 

                                                                                                      

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Video

9.   user guide (dokumen produk, dalam doc.file) jika ada                          

  Dokumen: User Guide                              

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-User Guide

10. Curriculum Vitae (*.doc/docx dan *.pdf)                                               Dokumen: CV                                        

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-CV

11. Source Code

- Executable File                                                                                                                                    Cth: 2157200823 Raden Kartini-Perangkat Ajar-Aplikasi.rar

- executable.jar

- run.cmd -> menjalankan executable.jar

- lib

- library1.jar                 

                                                                   

Aplikasi

- library2.jar

- library3.jar

- Database

- DBDump.sql

- File Konfigurasi

12. Data Olahan: disatukan dalam file *.rar (jika ada)  

File Excel/SPSS/Minitab dll

13. CV (sertifikasi, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, 

Dokumen: CV                                       

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-CV

14. Scan sertifikat prestasi kompetisi
(jika ada)                                                           

 

 

 

B.     VIDEO KARYA AKHIR

Ketentuan isi

1.      Video terdiri dari bagian intro dan bagian demo keseluruhan.

2.      Bagian cover mencantumkan judul karya akhir/skripsi

3.      Bagian isi mencantumkan intro:

Video harus menggambarkan masalah yang diselesaikan; menjelaskan gambaran umum dari hasil kajian (jasa atau produk) atau bentuk & fungsionalitas produk karya akhir yang menjadi solusi atas masalah yang dihadapi.

4.      Bagian isi mencantumkan demo keseluruhan:

Video harus menyajikan bagaimana penggunaan produk oleh pengguna menjelaskan step by step cara menggunakan produk karya akhir); atau Menampilkan bentuk fisik produk atau simulasi layanan atau hasil kajian dalam rekaman.

5.      Bagian penutup/credit title mencantumkan Nama mahasiswa, NIM mahasiswa, email mahasiswa, nama pembimbing 1 dan nama pembimbing 2. Nama Program Studi S1 Sistem Komputer dan STMIK AUB SURAKARTA.

6.      Logo STMIK AUB Surakarta diletakkan pada setiap frame video.

Ketentuan Teknis

  1. Video display resolutions: 720p (High Definition)
  2. Aspek Rasio: ’16:9
  3. Tipe file: mp4
  4. Posisi Pengambilan: Landscape
  5. Teknis:
    • Pemaparan dapat menggunakan presentation tools disertai dengan suara, dapat juga menggunakan animasi, gambar, grafik atau konten multimedia lainnya.
    • Pemaparan dapat merekam orang dengan bidang pandang (Field Of View): Medium Close Up (dari atas kepala hingga dada) hingga Full Shot (Seluruh Badan).
  6. Demonstrasi Perangkat lunak diperbolehkan untuk dijalankan menggunakan emulator lalu direkam menggunakan perangkat lunak screen recording seperti camstudio, camtasia dan semacamnya.
  7. Demonstrasi perangkat lunak/alat/produk diperbolehkan menggunakan device asli sehingga perekaman dilakukan dengan menggunakan kamera.
  8. Demonstrasi dapat menggunakan backsound musik instrumental, dengan catatan tidak melanggar hak cipta dan wajib mencantumkan judul lagu dan ciptaan pada bagian credit title.
  9. Gunakan volume suara backsound lebih rendah dari suara penjelasan.
  10. Identitas Pengembang dan Lembaga.
  11. Bagian Pembukaan: Identitas produk/karya, identitas tim/nama penyusun dan logo/Nama Program Studi, dan STMIK AUB SURAKARTA.
  12.  Logo STMIK AUB diletakkan pada setiap frame video dikanan atas frame dengan ukuran proporsional.
  13. Bagian Closing credits: anggota tim dan posisi sebagai apa di tim (programmer, analis, developer, content, dll), alamat portofolio masing-masing anggota. Mis : Blog, Facebook, Email, Nama Supervisor / Dosen Pembimbing, persembahan, sponsor / endorse (jika ada) dan logo/Nama Program Studi, dan STMIK AUB SURAKARTA.
  14. Durasi maksimal 15 menit,
  15. 5 detik Bagian Pembukaan,
    ±2 s/d 2.5 menit promo jasa atau produk,
    ±10 s/d 12 menit demo,
    5 s/d 10 detik Bagian Closing credits.

  16. Untuk melihat contoh video Intro bisa di buka link dibawah ini :
    https://www.youtube.com/watch?v=q-NQS3vERf4
    https://www.youtube.com/watch?v=jV0a280Yt4I
  17. Sedangkan untuk melihat video demo bisa di buka link dibawah ini :
    https://www.youtube.com/watch?v=ASOsGzDywXI

Pengumuman Permohonan Akun Eprints, Unggah Mandiri Karya Akhir Mahasiswa

posted Mar 1, 2021, 6:46 PM by Sistem Komputer


Diumumkan kepada segenap mahasiswa calon wisudawan. Untuk dapat melakukan unggah mandiri karya anda wajib mengisi Formulir permohonan untuk Username dan Password Unggah Mandiri Karya akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi, Tugas Akhir/Karya Inovasi, Hasil Penelitian Dosen dan lain-lain), sebelum membuat akun klik link ini sebagai panduan berikut.

Format Daftar Riwayat Hidup terbaru

posted Jan 18, 2021, 6:52 PM by Sistem Komputer   [ updated Jan 18, 2021, 6:59 PM ]

todolist

Guna memenuhi persyaratan pendaftaran ujian skripsi dan publikasi karya, dimana salah satu syaratnya mahasiwa melampirkan Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup terbaru dan setelah skripsi yang sudah direvisi setelah sidang, mahasiswa membuat publikasi karya skripsi dalam format jurnal (Petunjuk dapat dilihat di Panduan Unggah Mandiri Karya Akhir Mahasiswa) serta telah diperiksa dan ditandatangani oleh Pembimbing Skripsi.

Group Komunikasi Alumni

posted Jan 17, 2021, 9:12 PM by Sistem Komputer   [ updated Jan 17, 2021, 9:24 PM ]

join-telegram-alumni-grup
Setiap alumni dapat berkomunikasi lewat grup yang tersedia baik di Instagram, maupun Telegram. Silakan untuk bergabung pada grup-grup tersebut.

Pendaftaran Program Kampus Merdeka: Bangkit 2021

posted Jan 10, 2021, 9:29 PM by Ernes Cahyo   [ updated Jan 10, 2021, 9:30 PM ]

Bangkit adalah program pendidikan yang ditujukan untuk mahasiswa yang ingin mempelajari dasar-dasar Machine Learning, Pemrograman Android, atau Cloud Computing, dan akan ditawarkan melalui Kampus Merdeka (kategori Studi Independen). Bangkit telah resmi diumumkan sebagai program Kampus Merdeka oleh Dirjen Pendidikan Tinggi – Kemdikbud RI.

Bangkit terbuka hanya untuk 3000 peserta pilihan dari seluruh Indonesia. Mahasiswa/i terpilih akan mengikuti pengalaman belajar online dengan total 900 jam selama 18 minggu yang dimulai pada Februari 2021. Kurikulum Bangkit dapat diakses di https://bit.ly/bangkit-curriculum. Peserta yang menyelesaikan program ini akan memenuhi syarat hingga 20 kredit studi universitas (SKS) (tergantung persetujuan universitas peserta). Informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini.

Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan mahasiswa yang ingin mengikuti program ini:

  • Program akan dikonversi ke MK (mata kuliah) pilihan dengan bobot yang disetarakan.
  • Mahasiswa yang menghendaki konversi nilai pencapaian dengan nilai mata kuliah, silakan menghubungi kaprodi masing-masing.
  • Batas waktu pendaftaran: 8 Januari 2021
  • Pengumuman penerimaan: 18 Januari 2021
  • Durasi program: Februari 2021 – Juli 2021
Bagi mahasiswa yang berminat, silakan melakukan pendaftaran melalui:

https://g.co/bangkit
bangkit-2021

Pengumuman Libur Nasional Pemungutan Suara 9 Desember 2020

posted Dec 3, 2020, 7:37 PM by Ernes Cahyo   [ updated Dec 3, 2020, 7:37 PM ]


Diberitahukan kepada segenap mahasiswa bahwa sesuai Surat Edaran Pengumuman Nomor 244/YKDP/XII/2020, berdasar Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 22 Tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 sebagai Hari Libur Nasional.
Maka kepada Pegawai di lingkungan Yayasan Karya Dharma Pancasila Surakarta dan Civitas Akademika Perguruan Tinggi AUB Surakarta, bahwa libur Nasional dalam rangka Pilkada Hari Rabu Wage, 09 Desember 2020.

Demikian untuk menjadi perhatian.

1-10 of 40