Berita


Workshop Mastering Series " Wi-Fi Tester "

posted Feb 17, 2020, 12:23 AM by Ernes Cahyo   [ updated Feb 17, 2020, 12:25 AM ]

Hi guys!' tau ga di bulan Februari 2020 ini, Komunitas BCC (Bhirawa Cyber Center) dan Program Studi Sistem Komputer menggelar acara workshop mastering. Workshop mastering ini mengangkat topik Wi-Fi Tester, topik ini seru karena membahas serangan dan mengatasinya. Lalu lalu ...

Kenapa Wi-Fi, karena kita sering kali membutuhkan signal wifi dalam setiap aktivitas kita. Nah looh!
Masih penasaran ..?
Masih bertanya-tanya ..?

Tunggu apa lagi, dateng ke acaranya, GRATIS lagi ... Gasken!


ATURAN CD DAN VIDEO KARYA AKHIR

posted Feb 12, 2020, 8:12 PM by Sistem Komputer   [ updated Feb 12, 2020, 8:15 PM ]

Untuk mempermudah mahasiswa tingkat akhir dan keseragaman, maka program studi sistem komputer menerbitkan aturan CD (Compact Disc) dan Video karya akhir mahasiswa. Detail aturan dapat di lihat sebagai berikut:


A.    DIREKTORI CD KARYA AKHIR

Nama CD

:

SKRIPSI_NIM. Contoh: SKRIPSI_2157200823

File

:

Tidak perlu dibuat folder lagi. Seluruh file dari daftar sesuai format berikut ini terdapat pada root.

 

Format File    

:

Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang<spasi>Topik<spasi>Nama Dokumen

 

Template CD

:

Download pada http://eprints.stmik-aub.ac.id/13/

Dokumen

:

terpisah per file                                                               

 

 

1.   log book (jika ada)                                                                             Dokumen: Log Book                               

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Log Book

 

2.   proposal skripsi (dalam doc.file)                                             

Dokumen: Proposal                              

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Proposal

 

3.   laporan skripsi/proyek akhir setelah revisi, 1 file (*.doc/docx dan *.pdf)   

Dokumen: Laporan Skripsi                                

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Laporan Skripsi

4.   laporan skripsi/proyek akhir setelah revisi, beberapa file sesuai                

kebutuhan repository (*.pdf)                                                                      Dokumen: Laporan Repository

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Laporan Repository

5.   jurnal Penelitian (untuk publikasi). Format mengikuti template dari institusi (*.doc/docx dan *.pdf)                                                                            

Dokumen: Jurnal Penelitian                   

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Jurnal Penelitian

6.   slide presentasi skripsi (*.ppt/pptx)                                                                Dokumen: Slide                                         

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Slide

7.   poster                                                                                                Dokumen: Poster                                   

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Poster

8.   video publikasi                                                                                          Dokumen: Video                                 

                                                                                                      

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-Video

9.   user guide (dokumen produk, dalam doc.file) jika ada                          

  Dokumen: User Guide                              

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-User Guide

10. Curriculum Vitae (*.doc/docx dan *.pdf)                                               Dokumen: CV                                        

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-CV

11. Source Code

- Executable File                                                                                                                                    Cth: 2157200823 Raden Kartini-Perangkat Ajar-Aplikasi.rar

- executable.jar

- run.cmd -> menjalankan executable.jar

- lib

- library1.jar                 

                                                                   

Aplikasi

- library2.jar

- library3.jar

- Database

- DBDump.sql

- File Konfigurasi

12. Data Olahan: disatukan dalam file *.rar (jika ada)  

File Excel/SPSS/Minitab dll

13. CV (sertifikasi, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, 

Dokumen: CV                                       

Format File: Nim<spasi>Nama Depan<spasi>Nama Belakang-Topik-CV

14. Scan sertifikat prestasi kompetisi
(jika ada)                                                           

 

 

 

B.     VIDEO KARYA AKHIR

Ketentuan isi

1.      Video terdiri dari bagian intro dan bagian demo keseluruhan.

2.      Bagian cover mencantumkan judul karya akhir/skripsi

3.      Bagian isi mencantumkan intro:

Video harus menggambarkan masalah yang diselesaikan; menjelaskan gambaran umum dari hasil kajian (jasa atau produk) atau bentuk & fungsionalitas produk karya akhir yang menjadi solusi atas masalah yang dihadapi.

4.      Bagian isi mencantumkan demo keseluruhan:

Video harus menyajikan bagaimana penggunaan produk oleh pengguna menjelaskan step by step cara menggunakan produk karya akhir); atau Menampilkan bentuk fisik produk atau simulasi layanan atau hasil kajian dalam rekaman.

5.      Bagian penutup/credit title mencantumkan Nama mahasiswa, NIM mahasiswa, email mahasiswa, nama pembimbing 1 dan nama pembimbing 2. Nama Program Studi S1 Sistem Komputer, , dan STMIK AUB SURAKARTA.

6.      Logo STMIK AUB Surakarta diletakkan pada setiap frame video.

Ketentuan Teknis

1.      Video display resolutions: 720p (High Definition)

2.      Aspek Rasio: ’16:9

3.      Tipe file: mp4

4.      Posisi Pengambilan: Landscape

5.      Teknis:

6.      Pemaparan dapat menggunakan presentation tools disertai dengan suara, dapat juga menggunakan animasi, gambar, grafik atau konten multimedia lainnya.

7.      Pemaparan dapat merekam orang dengan bidang pandang (Field Of View): Medium Close Up (dari atas kepala hingga dada) hingga Full Shot (Seluruh Badan)

8.      Demonstrasi Perangkat lunak diperbolehkan untuk dijalankan menggunakan emulator lalu direkam menggunakan perangkat lunak screen recording seperti camstudio, camtasia dan semacamnya

9.      Demonstrasi perangkat lunak/alat/produk diperbolehkan menggunakan device asli sehingga perekaman dilakukan dengan menggunakan kamera

10.   Demonstrasi dapat menggunakan backsound musik instrumental, dengan catatan tidak melanggar hak cipta dan wajib mencantumkan judul lagu dan ciptaan pada bagian credit title.

11.   Gunakan volume suara backsound lebih rendah dari suara penjelasan.

12.   Identitas Pengembang dan Lembaga:

13.   Bagian Pembukaan: Identitas produk/karya, identitas tim/nama penyusun dan logo/Nama Program Studi, dan STMIK AUB SURAKARTA.

14.   Logo STMIK AUB diletakkan pada setiap frame video dikanan atas frame dengan ukuran proporsional.

15.   Bagian Closing credits: anggota tim dan posisi sbg apa di tim (programmer, analis, developer, content, dll), alamat portofolio masing-masing anggota. Mis : blog, fb, email, Nama Supervisor / Dosen Pembimbing, persembahan, sponsor dan logo/Nama Program Studi, dan STMIK AUB SURAKARTA.

16.   Durasi maksimal 15 menit,
5 detik Bagian Pembukaan,
±2-2.5 menit promo jasa atau produk,
±10-12 menit demo,
5-10 detik Bagian Closing credits.

17.   Untuk melihat contoh video Intro bisa di buka link dibawah ini :
https://www.youtube.com/watch?v=q-NQS3vERf4
https://www.youtube.com/watch?v=jV0a280Yt4I

Sedangkan untuk melihat video demo bisa di buka link dibawah ini :
https://www.youtube.com/watch?v=ASOsGzDywXI

Pelaksanaan Yudisium Semester Gasal Dan Pengambilan KRS Semester Genap T.A. 2019/2020

posted Dec 20, 2019, 6:55 PM by Sistem Komputer

Diberitahukan kepada segenap mahasiswa/i, bahwa sesuai surat pengumuman No. 312/KU.08.05/XII/2019 tentang Pelaksanaan Yudisium Semester Gasal Dan Pengambilan KRS Semester Genap T.A. 2019/2020 STMIK AUB Surakarta, sebagai berikut :

      1. Bahwa pelaksanaan Yudisium Semester Gasal 2019/2020 dan Konsultasi KRS Semester Genap 2019/2020 dilaksanakan mulai tanggal 20 s.d 24 Januari 2020, maka syarat pengambilan Yudisium dan pengambilan KRS harus melunasi SPP sampai dengan bulan Pebruari 2020.
      2. Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka diinformasikan kepada mahasiswa hal-hal sebagai berikut:
        1. Besarnya SPP per bulan masing-masing mahasiswa :
          - Angkatan 2012/2013 : Rp 350.000,- per bulan
          - Angkatan 2012/2013 (Kelas Khusus) : Rp 375.000 per bulan
          - Angkatan 2013/2014 : Rp 375.000,- per bulan
          - Angkatan 2014/2015 : Rp 400.000,- per bulan
          - Angkatan 2015/2016 : Rp 425.000,- per bulan
          - Angkatan 2015/2016 (Kelas Khusus) : Rp 425.000,- per bulan
          - Angkatan 2016/2017 : Rp 475.000,- per bulan (SI dan SK)
          - Angkatan 2016/2017 : Rp 450.000,- per bulan (TK)
          - Angkatan 2017/2018 : Rp 500.000,- per bulan (Kelas Pagi) dan Her Registrasi
          - Angkatan 2017/2018 : Rp 550.000,- per bulan (Kelas Sore) dan Her Registrasi
          -
          Angkatan 2018/2019 : Rp. 500.000,- per bulan (Kelas Pagi), DPI dan Her Registrasi
          -
          Angkatan 2018/2019 : Rp. 550.000,- per bulan (Kelas Sore), DPI dan Her Registrasi
        2. Mengesahkan Bukti Kwitansi Pembayaran pada Bagian Keuangan pada jam kerja sebagai berikut:
          - Hari Senin s.d Kamis Jam 08.00 - 14.00 WIB
          - Hari Jum'at Jam 08.00 - 11.00 WIB
          - Hari Sabtu Jam 08.00 - 12.00 WIB
        3. Pembayaran Kewajiban Keuangan melalui Bank BRI No. Rekening : 0097 - 01 - 000587 - 30 - 4 (pembayaran SPP) dan Bank MEGA No. Rekening : 01. 083. 00. 11. 00011. 2 (pembayaran DPI).
        4. Tidak melayani Dispensasi Kewajiban Keuangan.
        5. Dilarang melakukan Pembayaran Kewajiban Keuangan melalui Pegawai.
Demikian harap diperhatikan. Terima Kasih.

Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Gasal TA 2019/2020

posted Dec 10, 2019, 12:39 AM by Sistem Komputer   [ updated Dec 10, 2019, 12:40 AM ]

Diberitahukan kepada segenap mahasiswa/i, bahwa sesuai dengan kalender akademik STMIK AUB Surakarta dan pengumuman No. 304/KU.08.05/XII/2019 tentang Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020, sebagai berikut :

      1. Bahwa pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap 2019/2020 dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d 13 Januari 2020.
      2. Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka diinformasikan kepada mahasiswa hal-hal sebagai berikut:
        1. Melunasi administrasi keuangan sampai dengan bulan Januari 2019. (Pelunasan dibayar sebelum UAS dimulai).
        2. Besarnya SPP per bulan masing-masing mahasiswa :
          - Angkatan 2012/2013 : Rp 350.000,- per bulan
          - Angkatan 2012/2013 (Kelas Khusus) : Rp 375.000 per bulan
          - Angkatan 2013/2014 : Rp 375.000,- per bulan
          - Angkatan 2014/2015 : Rp 400.000,- per bulan
          - Angkatan 2015/2016 : Rp 425.000,- per bulan
          - Angkatan 2015/2016 (Kelas Khusus) : Rp 425.000,- per bulan
          - Angkatan 2016/2017 : Rp 475.000,- per bulan (SI dan SK)
          - Angkatan 2016/2017 : Rp 450.000,- per bulan (TK)
          - Angkatan 2017/2018 : Rp 500.000,- per bulan (Kelas Pagi)
          - Angkatan 2017/2018 : Rp 550.000,- per bulan (Kelas Sore)
          -
          Angkatan 2018/2019 : Rp. 500.000,- per bulan (Kelas Pagi)
          -
          Angkatan 2018/2019 : Rp. 550.000,- per bulan (Kelas Sore)
          -
          Angkatan 2019/2020 : Rp. 500.000,- per bulan (Kelas Pagi) dan DPI
          -
          Angkatan 2019/2020 : Rp. 550.000,- per bulan (Kelas Sore) dan DPI
        3. Mengesahkan Bukti Kwitansi Pembayaran pada Bagian Keuangan dan Kartu Ujian pada Bagian Akademik (dilayani mulai 2 Desember 2019 s.d 4 Januari 2020) pada jam kerja sebagai berikut:
          - Hari Senin s.d Kamis Jam 08.00 - 14.00 WIB
          - Hari Jum'at Jam 08.00 - 11.00 WIB
          - Hari Sabtu Jam 08.00 - 12.00 WIB
        4. Pembayaran Kewajiban Keuangan melalui
          Bank BRI No. Rekening :
          0097 - 01 - 000587 - 30 - 4 (pembayaran SPP) dan
          Bank MEGA No. Rekening : 01. 083. 00. 11. 00011. 2 (pembayaran DPI).
        5. Tidak melayani Dispensasi Kewajiban Keuangan.
        6. Dilarang melakukan Pembayaran Kewajiban Keuangan melalui Pegawai.
Demikian harap diperhatikan. Terima Kasih.

Pengumuman Pendaftaran Email Student

posted Nov 14, 2019, 7:34 PM by Sistem Komputer   [ updated Nov 14, 2019, 7:36 PM ]

Dalam rangka kolaborasi pembelajaran antara dosen dan mahasiswa dalam konteks electronic learning dan mewujudkan UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi Bagian Ketujuh, Pasal 31 Permendikbud 109/2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh di Pendidikan Tinggi. Serta penerapan Blended/Hybrid dalam program studi.
Mahasiswa baru 2019 diwajibkan untuk mengisi formulir registrasi email student pada http://student.stmik-aub.ac.id/.


BEKRAF Developer Day 2019 - Solo

posted Sep 26, 2019, 7:25 PM by Sistem Komputer   [ updated Sep 26, 2019, 7:25 PM ]


BEKRAF Developer Day 2019 - Solo

Diselenggarakan oleh: Badan Ekonomi Kreatif Indonesia


BEKRAF Developer Day 2019 - Solo akan selalu berstatus waiting list, untuk terdaftar secara penuh dan mendapatkan tiket dan diharuskan :

  • Mendaftarkan diri sebagai peserta waiting list  
  • Belajar di salah satu kelas Dicoding Academy

Setelah 2 persyaratan diatas terpenuhi, maka admin akan mengubah status pendaftaran dari waiting list ke kuota utama.

Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Dicoding dengan dukungan Asosiasi Game Indonesia, Dicoding Elite, Google Developer Expert, Intel Innovator, Komunitas ID-Android, Samsung Developer Warrior, dan perusahaan-perusahaan teknologi di Indonesia.

Tema acara ini adalah : Peluang dan Tantangan Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Acara bersifat GRATIS dan dimulai pukul 07.30 - 18.00 WIB Akomodasi dan Transportasi ditanggung mandiri oleh masing-masing peserta. Peserta BEKRAF Developer Day akan mendapatkan :

  • Update teknis dari para praktisi yang telah sukses dalam pengembangan aplikasi mobile dan game yang dikemas dalam sesi inspirasi, dan talkshow.
  • Sertifikat Kehadiran (dalam bentuk digital).
  • Beasiswa kelas Picodiploma (Expert) Dicoding Academy (Menjadi Android Developer Expert / Menjadi Game Developer Expert) (dengan syarat mengumpulkan dokumen beasiswa yang tercantum di bagian persyaratan peserta).

Persyaratan Peserta :

Pertanyaan seputar acara ini dapat dipost di halaman diskusi Event.

DAFTAR YUUK ..

Susunan Acara :

  • Registrasi ulang (07.30 - 08.00)
  • General Session (08.00 - 12.00)
    • Opening Remarks & Keynotes
      • Bp. Hari Santosa Sungkari (Deputi Infrastruktur - BEKRAF)
      • *TBC
    • Industry Talkshow
    • Closing
  • Ishoma (12.00 - 12.30)
  • Paralel (12.30 - 15.00), Pilihan
    • Track Apps dan
    • Track Games
    • Track Security
  • Ishoma (15.00 - 15.30)
  • Paralel lanjutan (15.30 - 18.00)
    • Track Apps dan
    • Track Games
    • Track Security
  • Pengumpulan Form Beasiswa dan Pembagian Merchandise (18.00 - selesai)

Slide seluruh acara dapat di download di link berikut. (Akan tersedia setelah acara selesai)

Anda direkomendasikan untuk mengikuti kelas yang sesuai dengan track yang anda pilih. Silakan cek Dicoding Academy untuk mencari kelas yang sesuai.

Selain itu terdapat juga Challenge untuk mengangkat kearifan lokal atau menyelesaikan masalah di Solo melalui teknologi. Aplikasi terbaik akan mendapatkan 2,000 point dicoding dan aplikasi terbaik akan diumumkan di acara BEKRAF Developer Day 2019 - Solo. Informasi lengkap silakan kunjungi : https://www.dicoding.com/challenges/552.



Pengumuman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata 2019

posted Jul 28, 2019, 8:16 PM by Sistem Komputer   [ updated Jul 28, 2019, 8:29 PM ]

kuliah kerja nyata stmik aub 2019

Berdasarkan edaran pengumuman No 175/PP/00.05/VII/2019 tentang Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata STMIK AUB Surakarta. Bagi Mahasiswa STMIK AUB Surakarta semester VI (enam) bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan dilaksanana pada tanggal 5 – 25 Agustus 2019.

Adapun syarat untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai berikut:

  1. Wajib bagi mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN).
  2. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp 900.000,- (Sembilan Ratus Ribu Rupiah).
  3. Tempat pembayaran pada Bagian Keuangan STMIK AUB Surakarta (Ibu Nurul Prananingrum).
  4. Mengisi Blangko Pendaftaran KKN di Bagian Tata Usaha (Bp. Suranto, A.Md).
  5. Pendaftaran ditutup pada tanggal 3 Agustus 2019.

Demikian pengumuman ini kami buat, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Pengumuman Mahasiswa Lolos Seleksi Beasiswa PPA 2019

posted Jul 17, 2019, 12:21 AM by Sistem Komputer   [ updated Jul 17, 2019, 12:25 AM ]

Informasi beasiswa diumumkan offline dan online ke semua prodi & angkatan mahasiswa aktif pada tanggal 11 Juli 2019 dengan pengumpulan berkas seleksi paling lambat tanggal 16 Juli 2019 jam 12.00

Himbauan Skripsi Mahasiswa

posted Jul 11, 2019, 11:12 PM by Sistem Komputer   [ updated Jul 12, 2019, 12:29 AM ]

pengumuman
Kepada segenap mahasiswa Sistem Komputer untuk segera mendaftarkan ujian skripsi, mengingat batas waktu pendaftaran berakhir pada tanggal 27 Juli 2019.

Pendaftaran Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) 2019

posted Jul 11, 2019, 10:50 PM by Sistem Komputer   [ updated Jul 11, 2019, 11:04 PM ]

pengumuman
STMIK AUB Surakarta membuka Pendaftaran Beasiswa PPA 2019 dengan ketentuan persyaratan tertentu, calon penerima Beasiswa PPA dapat dilihat pada laman web kemahasiswaan Klik disini

1-10 of 20